sumber: gunungapipurba.com

Hai travellers sejati, buat kamu yang masih bingung liburan akhir pekan kemana ? travelid punya 3 tempat rekomendasi nih yang seru untuk diliburani.

EMBUNG NGLANGGERAN

sumber:gunungapipurba.com

Embung (tampungan air) Kebun Buah Nglanggeran di Desa Wisata Nglanggeran memiliki luas 0,34 Ha, digunakan sebagai pengairan kebun buah durian dan kelengkeng. Jenis durian yang ditanam adalah jenis durian Montong dan kelengkengnya adalah Kane. Terletak sekitar 1,5 KM sebelah tenggara pintu masuk Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba. Embung Nglanggeran adalah Embung pertama di DI.Yogyakarta, dibangun pada pertengahan 2012 dan diresmikan oleh Gubernur D.I.Yogyakarta pada tanggal 19 Februari 2013. Waduk mini yang berada di ketinggian 495 mdpl ini menjadi primadona para pemburu Senja dengan keindahan Sunset yang ditawarkan. Selain itu, menjadi rujukan dan tempat belajar bagi Desa atau daerah yang ingin membangun Embung. Lokasi parkir dikawasan Embung Nglanggeran juga sangat luas cocok digunakan untuk acara Gathering atau temu komunitas, baik motor, mobil ataupun pecinta sepeda.

AIR TERJUN KEDUNG KANDANG

Air Terjun Musiman yang terletak di selatan Gunung Api Purba dengan hamparan terasiring persawahan milik petani masyarakat Desa Nglanggeran. Keunikan air terjun ini adalah berada ditengah terasiring sawah dan berbentuk undak-undak batuan vulkanik. Aliran air dengan pemandangan yang bagus hanya didapati ketika musim penghujan saja. Debit air akan turun dan kurang menarik lagi ketika musim kemarau. Akses menuju air terjun ini melalui treking turun dari lokasi parkiran dan sedikit menanjak ketika menyusuri jalan pulang. Sebaiknya datang dimusim penghujan dan gunakan moment bagus tersebut untuk menikmati keindahan air terjun kedung kandang.

PUNCAK GUNUNG API PURBA

Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran berada diketinggian 700 mdpl, menjadi salah satu spot moment sunrise yang sering diburu para pecinta mentari pagi. membutuhkan waktu sekitar 50-60 Menit untuk bisa sampai kelokasi ini. Gunung Gedhe sebutan puncak barat Gunung Api Purba ini memiliki kondisi yang agak lapang namun tidak bisa digunakan untuk camping/mendirikan tenda. Jika ingin Camping atau mendirikan tenda bisa dengan cukup bergeser kebawahnya saja sekitar 50 meter. Disitu terdapat camping ground yang sangat strategis sekaligus bisa berlindung dari kencangnya angin di Puncak Gunung Api Purba.Dari Puncak Gunung Gedhe kita juga bisa menikmati kemegahan Gunung Lima Jari.

Komentar

Tulis komentar disini !

BACA JUGA:  Ada Creative Galery di Kota Lama, Banyak Oleh-oleh Khas Semarang