Membawa barang saat mendaki gunung itu memang gampang-gampang susah. Di satu sisi kita ingin membawa barang selengkap mungkin, namun di sisi lain isi tas kita terbatas untuk menampung barang-barang tersebut. Berikut ini tips barang-barang apa saja yang harus kamu bawa saat camping

1. Tas Gunung/Carrier Ukuran Minimal 40 Liter

Mengapa bukan tas ransel saja? Bisa saja jika kamu hanya one day trip naik gunung, sampai di puncak sebentar, kemudian langsung turun ke bawah lagi dalam sehari. Yang menjadi masalah adalah ketika kita harus menginap/bertenda/camping di gunung, barang yang harus kita bawa pun menjadi banyak sehingga tak cukup hanya mengandalkan tas ransel saja. Bagaimana dengan koper? Hah, apalagi koper. Kalau jalan setapak di gunung terbuat dari porselen sih tidak masalah membawa koper hehehe. Jalan setapak di gunung lumayan terjal.

Semakin mahal harga tas gunung, biasanya semakin awet dan ringan. Saya dan teman saya pernah membandingkan antara tas carrier dengan ukuran yang sama namun harganya berbeda. Dalam keadaan kosong, tas yang harganya lebih murah, beratnya lebih menyiksa pundak ketika digendong. Tentu saja setelah diisi barang dengan jumlah yang sama akan mempunyai berat yang berbeda pula. Wajar sih, ada harga ada rupa. Silakan saja mau beli yang mahal atau yang murah, tak ada yang melarang. Oh ya, jangan lupa membawa cover bag tas untuk melindungi dari hujan. Biasanya sudah satu paket terdapat dalam tasnya.

2. Pakaian/Jaket

Jangan sampai salah memilih pakaian saat mendaki gunung. Jika salah, bisa-bisa mengalami hipotermia atau badan membeku parah karena kehilangan panas tubuh saat berada di gunung. Berdasarkan pengalaman saya, pakaian yang dibawa sebaiknya dibagi menjadi dua:
Pakaian untuk beraktivitas dan mendaki. Pilih pakaian yang tidak ketat dan menyerap keringat.
Pakaian untuk tidur. Pilih pakaian yang hangat dan bisa menahan panas.
Mengapa tidak sekaligus satu pakaian dipakai untuk kedua-duanya saja? Menurut saya jangan. Saat mendaki, tubuh kita mengeluarkan keringat yang luar biasa banyak. Hal ini disebabkan karena kelembaban di gunung yang sangat tinggi sehingga tubuh gampang sekali mengeluarkan keringat, walaupun hawa pegunungan sejuk/dingin. Keringat ini tanpa sadar akan tersimpan ke dalam pakaian tersebut. Siang hari mungkin tidak terasa di badan. Pada malam hari, keringat yang masih tersimpan dalam pakaian ini akan membuat pakaian menjadi dingin. Bukannya pakaian melindungi kita dari cuaca dingin, justru yang terjadi sebaliknya. Pakaian berkeringat tersebut membuat hawa dingin semakin dingin! Maka dari itu, siapkan pakaian hangat yang kering untuk dipakai saat tidur. Selain tentu saja pakaian khusus untuk tidur ini lebih memberi rasa nyaman dibanding menggunakan pakaian kotor dan basah akibat aktivitas mendaki tadi untuk tidur.

BACA JUGA:  5 Manfaat yang kamu dapatkan setelah Traveling

3. Sepatu Gunung/Sendal Gunung

Di beberapa tempat pendakian, kita diwajibkan mengenakan sepatu dan dilarang mengenakan sandal. Jadi, pastikan membawa sepatu sebelum mendaki gunung. Sandal gunung perlu dibawa untuk kepraktisan saat berada di area perkemahan.

4. Jas Hujan

Jas hujan ini tentu saja berguna di kala hujan tiba. Letakkan jas hujan tersebut di tempat yang mudah dijangkau, sehingga ketika hujan tiba, langsung dapat dipakai seketika itu juga.

5. Perlengkapan Tenda

Perlengkapan tenda ini seperti :

infopendaki.com
  • slipping bag
  • kompor potable
  • gas
  • matras
  • peralatan makan, gelas, piring sendok
  • pisau
  • korek
  • bahan-bahan masak (sayuran, mie instal, jagung, telur)
  • senter

6. Air Mineral

Ingat bawalah air mineral secukupnya, jangan pikir membawa semakin banyak air kamu akan terhindar dari rasa haus. Namun sebaliknya, semakin banyak air yang dibawa beban yang kamu bawa juga semakin berat, bukan haus tapi yang ada malah terlalu kelelahan dan boro-boro sampai puncak baru seperempat perjalan pasti sudah tepar.

7. Kamera

hehe,, Bukan buat narsis pasti momen naik gunung/camping nanti akan menjadi momen yang menyenangkan. Abadikan momen tersebut, kelak akan menjadi kenangan yang indah (curhat).

8. Spidol dan Kertas

Tulis pesan salam untuk teman, sahabat atau pacar. Saat kamu berada jauh kilometer dari rumah dan pemandangan yang kamu lihat mengingatkan sesuatu, tulislah pesan untuk teman, sahabat atau diri sendiri. Teman saya yang suka menulis puisi selalu melakukan ini ketika camping dan sangat menyenangkan. Entah kenapa pada saat pergi jauh kemampuan sastranya meningkat drastis. hehe ..

9. Dompet

haha tips yang terakhir ini penting, bawalah uang secukupnya tinggalkan kartu debit/kredit/atm karena diatas gunung tidak ada atm. hehe, namun yang perlu kamu bawa adalah identitas pribadi seperti ktp/sim. Jangan tanya untuk apa dan apa hubungannya ya …

BACA JUGA:  Praktik Pungli di Kawah Putih Ciwidey dan Tips Menghindarinya

Kita tidak tau apa yang akan terjadi, sering hal yang tak terduga terjadi di alam, hanya untuk jaga-jaga. hehe

Tips:
Reset lah lokasi yang akan kamu datangi, berkaitan dengan keadaan disana atau biaya, atau jalur yang harus ditempuh. Jangan sampai pergi kesuatu tempat tanpa reset terlebih dahulu, hal ini akan bermanfaat jika terjadi sesuatu hal yang tak terduga.

Dari semua barang-barang diatas mungkin tidak cukup jika dimaksukkan semua kedalam tas kamu. Jadi manfaatkanlah tas teman, hehe. Bagi pembawaan barang sesuai dengan kondisi fisik mereka. Karena semua barang diatas pada umumnya adalah barang yang dipakai untuk kepentingan bersama.

 

 

Komentar

Tulis komentar disini !