semarang-malioboro
semarang-malioboro

Hallo sahabat traveling, kali ini travelid bakal membagi tips buat kalian yang ingin liburan murah meriah minim rupiah Uang 100 Ribu Liburan di Jogja Perjalanan dari Semarang. Yaps, dari membaca judul pasti kalian bertanya-tanya Uang 100 Ribu Liburan di Jogja Perjalanan dari Semarang. Emagnya Bisa ? Bisa !

Perjalanan dari luar kota biasanya membutuhkan dana yang cukup lumayan, terlebih perjalanan jauh tentu saja akan banyak kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul. Gimana kalau nanti lapar, atau sekedar ingin minum karena haus dengan suhu yang panas, atau mungkin ingin cari yang anget-anget pada saat kondisi yang menjadi sangat dingin karena hujan.

Baik disini kami akan membagi tips buat kalian yang ingin liburan murah hanya dengan 100 ribu perjalanan dari Semarang.

1. Memilih Transportasi dengan Kendaraan Bermotor

otw Jogja-sumber foto menyusurijalan.com
otw Jogja-sumber foto menyusurijalan.com

Kendaraan bermotor merupakan sarana transportasi paling murah, tentunya motor tersebut dengan kelas yang irit ya, atau contohnya motor bebek. Pengalaman saya dengan Uang 100 Ribu Liburan di Jogja Perjalanan dari Semarang memakai scoopy saya isi dengan bahan bakar pertamax 20 ribu sudah bisa sampai sana dan dan bisa muter-muter jogja. Kemudian pulangnya sampai magelang baru isi lagi 20 ribu. Jadi jika budget kalian 100 ribu masih sisa 60 ribu. Oh ya, jangan lupa bawa jaz hujan ya, beda kota beda juga cuacanya. Pengalaman saya sih pernah lepas pakai mantel sampai 2x waktu otw Jogja. Semarang panas, Ungaran Mendung, Magelang Hujan, Secang Panas, Bantul Hujan lagi.

Untuk kalian yang tidak punya kendaraan bermotor, mungkin bisa memilih alternatif lain yaitu angkutan umum seperti bis perjalanan dari Semarang-Jogja. Namun, harga tiket Semarang-Jogja cukup mahal, harga terendah 40 ribu, sehingga kalau di total pulang pergi = 80 ribu, jadi ini bukan saran terbaik menurut saya.

tiket-bus-travelid.net
tiket-bus-travelid.net dari www.redbus.id

2. Hubungi Sahabat yang Tinggal di Jogja

telepon teman travelid.net
telepon teman travelid.net

Tips no 2 ini yang paling penting, jika kamu ingin tempat menginap gratis hubungi teman atau sahabat kamu yang tinggal di Jogja. Ngga mungkin kan teman kamu minta tarif saat kamu bilang mau menginap sehari di kos-an nya. Jadi mending kamu hubungi sahabat yang tinggal di Jogja Hehe ..

Oh ya, saat kamu memilih alat transportasi umum, setelah sampai di Jogja mungkin tidak langsung ke tempat tujuan, tetapi berhenti di terminal. Jadi kamu bisa menghungi dia untuk menjemput kamu di terminal. Mungkin jika lokasi terminal terlalu jauh kamu bisa gunakan ojek online dengan tujuan lokasi yang paling dekat dengan tempat tinggalnya. Jika teman kamu kuliah di Jogja kamu bisa memilih kampus dia kuliah sebagai tujuan lokasi kamu berhenti.

BACA JUGA:  5 Tempat Ini Wajib Kamu Kunjungi Ketika di Semarang

Jika kamu beruntung punya temen yang baik hati, mungkin dia akan mentraktir kamu makan. Jadi paling tidak hal tersebut dapat memangkas budget untuk makan. hehe

3. Bawa Baju Ganti

perlengkapan-njournal.com
perlengkapan-njournal.com

Membawa baju ganti saat traveling ini cukup penting, tapi jangan banyak-banyak ya. Cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan baju kamu basah kehujanan. Atau jika kamu berencana ingin berenang maka bawa baju ganti hukumnya wajib. Ngga mungkin dong kamu pinjam celana dalam teman kamu sementara punya kamu sendiri basah. Di tempat lokasi renang kebanyakan ada sih yang menyewakan baju renang tapi kan jadi nambah-nambah biaya. Atau saat kamu di pantai celana kamu banyak kemasukan pasir saat guling guling di pantai maka kamu harus bawa baju ganti.

4. Memilih Tempat Liburan Gratis Tiket Masuk atau Maksimal 10 Ribu untuk Tiket Masuk

tiketmasuk candi plaosan-yogyes.com
tiketmasuk candi plaosan-yogyes.com

Di Jogja banyak banget lokasi yang bisa kamu pilih tanpa harus membayar tiket masuk, seperti Malioboro, atau kawasan candi-candi yang ada di Jogja.

Seperti yang di lansir dari website jogja.co, wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke objek wisata candi bisa sedikit irit. Pasalnya, mereka tidak perlu merogoh kocek seperpun untuk membeli tiket masuk area candi. Pengunjung cukup mengisi buku tamu yang disediakan petugas jaga atau satpam.

“Tidak bayar, silakan masuk melihat-lihat area candi, tapi jangan merusak karena yang ada di sini merupakan warisan sejarah,” kata Agus, satpam Candi Banyunibo di Dusun Jepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini.

Dalam tulisan tersebut dikatakan, semua area candi gratis dimasuki, kecuali tiga tempat, yakni Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Alasannya, ketiga candi tersebut dikelola oleh PT. Taman Wisata Candi di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara. Liburan di Jogja Perjalanan dari Semarang

5. Pilih Tempat Makan Kelas Warteg

-makan-di-warteg
-makan-di-warteg

Tips ke 5 ini mungkin tidak akan berlaku jika kalian punya sahabat yang bersayap (berhati malaikat) wkwkwk. Pilihlah tempat makan yang tidak terlalu mahal, di Jogja banyak kok tempat makan yang murah meriah, warung makan pinggir jalan yang biasanya banyak di temui orang-orang supir truk makan disitu. Tenang aja, makan-makanan di tempat seperti itu aman kok, makanannya relatif murah banget. Saya pernah makan di tempat seperti itu nasi ayam kuah dan gorengan minum esteh cuma habis 12 ribu. Namun ada juga dengan menu yang sama habis sampai 22 ribu, sama-sama warung namun lokasi juga menentukan mahal tidaknya. Lokasi-lokasi yang perlu di curigai terutama kalau kalian makan di warung deket alun-alun, pom bensin atau tempat keramaian lain. Pilih warung dengan lokasi makan yang berada di pinggir jalan seperti jalan Magelang-Jogja atau pada saat kalian sudah berada di Jogja pilih tempat yang dekat dengan kampus seperti burjo dll. Saya pernah makan di burjo waktu itu diajak teman hanya habis 22 ribu untuk dua orang. Menunya orak-arik telur dan teh anget bonus krupuk. 22 ribu di bagi 2 berarti satu orang nya 11 ribuan. kalau kamu makan sendiri murah banget ngga tuh.

BACA JUGA:  10 Tips Travelling Sendirian

6. Pilih Oleh-oleh yang Murah Meriah

gantungan kunci
gantungan kunci

Tips yang ke 6 ini kalian tahu sendiri lah Liburan di Jogja Perjalanan dari Semarang Pilih oleh oleh uang murah meriah, kalau bisa sih ngga perlu beli oleh-oleh. Namun jika beberapa teman yang tahu kalian akan pergi liburan mungkin kalian akan merasa tidak enak kalau ngga bawa sesuatu. Beli oleh-oleh yang murah meriah sepanjang masa “Gantungan Kunci” hehe. Atau kaos-kaos polos biasanya cuma 15 ribuan. Kalau kalian tidak suka barang-barang pilih aja oleh-olehnya makanan seperti bakpia,wingko dll. Usahakan di tanyakan dulu harganya sebelum membeli. Soalnya bakpia dan wingko beda merk beda harga, ada loh bakpia harga nya 30 ribuan bahkan ada juga yang sampai 50 ribuan. Ngeri ngga tuh .. budget 100 ribu kamu habis termakan oleh-oleh. hehe

7. Perbanyak Foto-foto

malioboro selfie
malioboro selfie

Tips yang ke 7 ini yang paling di tunggu-tunggu, saya dulu pernah malu-malu gitu saat teman-teman saya pada foto-foto. Namun lambat tahun, saya menyesal tidak mengabadikan momen saya dulu waktu pergi ke Jogja. Dengan foto kalian akan semakin jelas mengingat memori yang pernah kalian lakukan dulu. Waktu dulu saya pergi ke Jogja tahun 2009 keadaan malioboro masih beda, namun sekarang trotoar dan lain-lain disana sudah di perbaharui dan di tata. Kesan tempo dulu nya Liburan di Jogja Perjalanan dari Semarang tidak bisa saya ingat lebih jauh dengan foto yang sekarang.

Jika kalian ingin tetep eksis foto-foto itu kunci utama loh, upload di instagram dan update story. Tapi ya ngga usah lebay juga ya foto-fotonya.

8.  Apabila Budget Masih Sisa Gunakan Untuk Uang Darurat Saat Perjalanan Pulang

sisa uang
sumber:pixabay.com

Tips no 8 ini buat jaga-jaga sih sebenernya, kalau kalian pulang dengan kendaraan bermotor lalu ban bocor gimana. Minimal sisakan 15-20 ribu untuk kedaan darurat itu. Jika kemudian uang darurat itu tidak terpakai kamu bisa gunakan untuk ngopi-ngopi sebentar. Perjalan dari Jogja ke Semarang itu jauh loh, bisa aja ngantuk kan, atau sekedar ingin ke toilet di pom bensin.

BACA JUGA:  10 Spot Merayakan Tahun Baru 2018 di Jogja

9. Tukar Uang dengan Pecahan

pecahan ribuan travelid.net

pecahan ribuan travelid.net Tips yang ke 9 ini Liburan di Jogja Perjalanan dari Semarang kamu tukar uang budget kamu dengan pecahan, dengan uang pecahan kamu mungkin tidak perlu repot-repot mencari kembalian. Mungkin pada saat kamu ingin pergi ke toilet kamu akan terpaksa membayar lebih karenan kamu tidak punya uang pecahan, uang parkir tidak ada kembalian. Kadang gitu loh, waktu bayar parkir harusnya seribu tapi harus bayar 2 ribu karena ga ada kembalian. Jadi mending buat jaga-jaga tukar dulu uang kamu ke dalam bentuk pecahan.

10. Berhitung

RINCIAN BIAYA
RINCIAN BIAYA

Dari rincian biaya Liburan di Jogja Perjalanan dari Semarang diatas total 81 ribu, sehingga masih sisa 19 ribu. Dari 19 ribu tersebut bisa kamu pakai untuk uang darurat pada saat kamu pulang Semarang. Ingat ya rincian tersebut sifatnya tidak pasti, sehingga bisa berubah sesuai dengan lokasi dan tujuan. Rincian ini berdasarkan pengalaman saya ke Jogja Tahun 2013. Sehingga untuk sekarang mungkin biaya tiket masuk Candi Prambanan mungkin lebih dari 10 ribu.

Sekian tips dari travelid, dari tulisan ini intinya Liburan ngga harus mahal kan. Jika kalian punya pengalaman yang sama jangan lupa comment dan tinggalkan email ya, biar bisa terus dapat update tentang tips-tips menarik seputar traveling. terimakasih

Komentar

Tulis komentar disini !