Apa yang terlintas di pikiran anda tentang Kebumen? Kebumen mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Ada apa di Kebumen? Apa saja yang menarik di Kebumen?
Pada masa dulu, Kebumen terkenal dengan burung lawetnya sehingga di tengah kota Kebumen berdiri sebuah tugu lawet yang menggambarkan perjuangan para pengunduh sarang burung lawet yang harus bertaruh nyawa demi memperoleh sarang burung lawet yang terkenal mahal.
Kini, Kebumen terus berbenah di sektor pariwisata. Bentang alam Kebumen yang luas menyajikan panorama pantai, perbukitan dan gua-gua alami yang begitu eksotis. Saking banyak nya gua di Kebumen,sehingga Kebumen layak disebut sebagai surganya gua Jawa Tengah.
Di sepanjang pesisir selatan Kebumen berderet pantai-pantai yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Pantai –pantai di Kebumen sangat menawan dan nyaman untuk berlibur. sebagian besar berupa pantai dengan hamparan pasir yang luas dipadu dengan perbukitan di sekelilingnya.
Nah, buat kalian yang hobi jalan-jalan, tidak salah jika memilih Kebumen sebagai destinasi favorit untuk berlibur. Berikut ini akan kami coba pilihkan beberapa destinasi wisata Kebumen yang pastinya akan membuat kalian berdecak kagum

1. Eloknya Pantai Menganti yang membuat siapapun betah di sini

Pantai Menganti

Pantai Menganti bisa dikatakan sebagai pantai terbaik di Kebumen. Pengunjungnya pun selalu ramai. Berlokasi di Desa Karang Duwur Kecamatan Ayah, pantai ini berjarak 45 km dari pusat kota Kebumen. Panorama hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut dan hijaunya perbukitan sungguh akan membawa kita ke dalam suasana yang berbeda dengan pantai lainnya. Di kawasan Pantai Menganti terdapat beberapa spot wisata yang wajib kalian kunjungi .
Setelah memarkirkan kendaraan, anda akan langsung disambut hamparan pasir putih di sepanjang pantai Menganti. Nampak pula batu-batu berjejer di pantai seakan menjadi benteng alami untuk menahan ombak yang cukup besar. Pantai Menganti relatif aman untuk berenang. Anak-anak pun bisa berenang di sini karena ada kolam alami yang terlindung batu-batuan sehingga aman dari hempasan ombak.

 Spot jembatan merah, pantai menganti
Jembatan Merah Gebyuran

Tak jauh dari pantai, akan tampak tebing perbukitan yang menjulang tinggi. Orang menyebut tebing ini dengan nama Tebing Keteb. Jika musim hujan tiba, dari atas tebing akan mengucur air terjun yang sangat indah. Jumlahnya mencapai tujuh buah . Air terjun ini dikenal dengan nama curug Widodari. Puas bermain di pantai, perjalanan bisa anda lanjutkan menuju Tanjung Karang Bata yang berjarak sekitar 1km dari pantai Menganti. Jangan khawatir, pengelola sudah menyediakan angkutan secara gratis untuk menuju kawasan ini. Hamparan perbukitan dengan panorama pantai yang memanjang akan menyambut kalian begitu sampai disini. Di sisi timur akan terlihat Pantai Pecaron di kejauhan. Tempat ini dikenal dengan nama Lembah Menguneng. Di sinilah lokasi favorit untuk berfoto.

Setelah puas berfoto di Lembah Menguneng,cobalah berjalan ke barat menyusuri sisi bukit Sigatel. Jalan yang nyaman memudahkan langkah kaki kita untuk menyusuri lekuk demi likuk keindahan Menganti. Anda bisa sejenak beristirahat di puncak bukit sambil berfoto di samping mercusuar peninggalan Belanda. Sampai hari ini, mercusuar ini masih aktif sebagai penunjuk arah bagi para nelayan di lautan lepas. Berjalan ke barat lagi, anda akan sampai di spot jembatan merah Gebyuran. Spot ini juga menjadi spot favorit untuk foto-foto. Dari atas jembatan anda bisa menyaksikan matahari tenggelam di ufuk barat. Jika cuaca cerah, panorama matahari tenggelam sungguh sangat indah untuk diabadikan.

BACA JUGA:  Menguji Nyali di Gua Surupan Kebumen, Siapa Berani?

Rasa lelah akan terbayar lunas demi menyaksikan keindahan pantai Menganti. Namun rasa lapar rasanya sulit untuk dihilangkan, namun jangan khawatir anda akan kelaparan disini. Puluhan warung makan berjejer akan menyambut anda yang ingin menghilangkan lapar dan dahaga. Menunya pun beragam dari mulai seafood, pecel,bakso sampai mendoan ada di sini.

Bagaimana tertarik untuk datang ke Menganti?

2. Menikmati kesunyian Pantai Pecaron yang syahdu

Pantai Pecaron Sisi Barat  

Pantai Pecaron berlokasi tidak jauh dari Pantai menganti. Tepatnya berada di Desa Srati Kecamatan Ayah. Namun tidak seperti pantai Menganti yang ramai, pantai Pecaron selalu sepi. Kesunyian pantai ini justru menawarkan suasana yang berbeda. Yah, tenang dan menghanyutkan. Lambaian nyiur di tepi pantai berpadu dengan perbukitan di sekelilingnya akan membuat diri ini betah berlama –lama berada di pantai Pecaron. Pantai sepanjang 2km ini berupa pantai dengan hamparan pasir hitam yang lembut dihiasi batu-batu karang kecil. Pantai Pecaron tergolong pantai yang landai dengan garis pantai membujur dari timur ke barat. Anda bisa memilih ingin menuju pantai timur atau barat terlebih dahulu. Jika air laut sedang surut, anda bisa menikmati panorama Pantai Pecaron di sisi timur yang indah. Pasirnya halus,ombaknya relatif tenang dan pantai nya sangat bersih. Berada di sini serasa di pantai pribadi karena jarang ada pengunjung yang sampai ke sini.
Sisi barat pantai Pecaron juga tidak kalah indahnya.

Pantai Pecaron Sisi Timur

Pohon kelapa di tepi pantai akan membuat adem suasana di sini. Di sisi barat akan terlihat Tanjung Karang Bata dengan menara suar di atasnya. Jika anda hobi jalan kaki, anda bisa menyusuri tepian pantai dan menaiki kaki bukit untuk sampai di Tanjung Karang Bata. Anda juga bisa naik ke atas bukit Tugel. Dari atas bukit ini, pemandangan laut lepas akan sangat indah. Pantai Pecaron juga akan bisa anda lihat dari atas ketinggian.

3. Menikmati panorama Goa Petruk, goa dengan ornament batuan terlengkap di nusantara

Goa Petruk Kebumen

Goa Petruk sudah sangat dikenal di kalangan para penelusur goa dan pecinta alam. Goa ini berlokasi di Desa Candirenggo Kecamatan Ayah. Suasana yang alami akan langsung menyambut kedatangan anda. Goa Petruk bahkan disebut sebagai salah satu goa terindah di Indonesia. Nama goa Petruk diambil dari batuan di dalam goa yang mirip tokoh Petruk dalam dunia pewayangan. Sayang, batu ini sekarang sudah hancur karena terkena penambangan fosfat pada zaman kolonial.
Letak Goa petruk berada di atas perbukitan. Goa ini mempunyai panjang 782 meter. Untuk masuk ke dalamnya, anda harus lebih dahulu menaiki puluhan anak tangga. Setelah berjalan sekitar 10 menit dari gerbang masuk, anda akan sampai di mulut goa petruk yang sangat lebar. Jika anda ingin menelusuri goa Petruk, anda disarankan membawa alat penerangan sendiri karena di dalam goa tidak dipasang lampu penerangan. Jangan lupa mintalah bantuan pemandu yang akan menemani anda selama berada di dalam goa.

Batu Tirai Goa Petruk

Berada di dalam goa Petruk anda akan serasa berada di dunia lain. Kegelapan abadi akan anda temui di sini. Namun, di dalam ruang gelap ini anda akan menemukan keindahan yang sulit dijumpai di tempat lain. Batuan dengan berbagai macam bentuk menjadi pemandangan yang akan membuat anda terpana. Ada batu berbentuk gajah, harimau, buaya, pesawat terbang, mayat, dan puluhan bentuk-bentuk lainnya.
Naik ke sisi kiri gua, anda akan menemui batuan berwarna putih yang berdiri tegak. Dari atas batu ini akan mengucur air yang sangat segar. Anda bisa mencuci muka dan tangan disini. Batu ini disebut dengan nama Mangun Srono.
Semakin jauh ke dalam, anda akan menemui sebuah sendang yang juga tidak kalah jernih airnya. Namanya sendang katak. Sejenak berisitirahatlah di sini sambil foto-foto. Jika masih kuat, perjalanan bisa anda lanjutkan kembali. Tidak jauh dari Sendang Katak, akan anda jumpai batu payudara, batu perangko, batu semar, taman maria dan batu lonceng. Di batu lonceng inilah, air akan terlihat deras mengucur dari dalam batu.

BACA JUGA:  Senja di Pantai Parangtritis

Bagaimana masih mau lanjut lagi? Oke, kita lanjutkan perjalanan menelusuri lorong gelap abadi goa Petruk. Medan selanjutnya yang harus anda hadapi akan terasa lebih sulit. Di sinilah waktunya anda harus berjalan merunduk, jongkok bahkan harus merayap. Makanya bisa dipastikan pakaian anda akan kotor. Namun jangan khawatir, medan yang lumayan sulit ini relatif pendek. Sebentar kemudian anda akan sampai di pintu keluar goa petruk yang dikenal dengan nama goa Jemblongan. Di sini akan dijumpai air terjun kecil yang bisa anda gunakan untuk mandi. Air nya segar dan jernih. Cocok untuk anda sejenak beristirahat melepas lelah.

Puas bermain air, anda akan tiba di pintu keluar goa petruk. Lokasi ini berada di tengah hutan dan cukup jauh dari pemukiman. Setelah keluar, teruslah berjalan menyusuri jalan setapak. Selang 30 menit melewati hamparan hutan jati, anda akan sampai di pemukiman terdekat. Di sini anda akan kembali menemukan sebuah air terjun yang cukup indah. Curug Leses namanya. Meski tidak terlalu tinggi, kolam yang luas di curug Leses bisa mengobati rasa lelah anda. Cobalah berenang disini. Niscaya rasa lelah yang melanda tubuh anda akan hilang seketika.

Dari Curug Leses, jika anda masih kuat anda bisa berjalan kaki melanjutkan perjalanan untuk kembali ke area parkir, namun jika badan anda sudah loyo, ada baiknya anda naik ojek saja agar bisa cepat sampai.
Bagaimana, siap menerima tantangan goa petruk?

4. GoaBarat, goa paling menantang di Kebumen yang membuat anda terpana

Safety First

Goa Barat yang terletak di Desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen kini mulai dikenal para pelancong dan penjelajah goa. Goa Barat mendapat julukan goa seratus air terjun karena begitu banyak jeram (air terjun mini) yang kita temui di dalam goa ini. Goa Barat konon panjangnya mencapai 17 KM. Butuh waktu berhari-hari untuk mampu mencapai pintu keluar goa ini.
Masuk goa barat adalah masuk goa berair. Suara arus sungai bawah tanah langsung terdengar menyambut kita. Penjelajahan Goa Barat menghidangkan sajian lengkap bagi anda yang suka tantangan. Sepanjang perjalanan, anda harus berjalan penuh hati-hati mengikuti aliran air sungai bawah tanah. Kadang harus menenggelamkan diri pada air setinggi dada, melangkahi bebatuan lancip di pinggir sungai, menghindari kubangan air yang dalam, merayapi jeram setinggi tiga meter, kadang juga harus berjalan merunduk dalam lorong sempit bahkan sampai mendaki tebing yang cukup tinggi. Meski begitu, keamanan perjalanan dijamin penuh oleh guide profesional selaku pemandu yang telah hafal medan Goa Barat.

BACA JUGA:  Ada Creative Galery di Kota Lama, Banyak Oleh-oleh Khas Semarang

Setelah berjalan kira-kira 2,5 jam, anda akan menjumpai sebuah air terjun setinggi 8 meter. Air terjun ini dikenal dengan nama Jump Ulysess. Di bawah air terjun ini terdapat kolam luas dengan air jernih. Sambil berfoto, anda bisa mandi menikmati segarnya air kolam bawah tanah. Ikan-ikan kecil kadang juga akan menggigit kaki anda menimbulkan rasa geli. Ya… hitung-hitung terapi ikan gratis. Di atas air terjun Jump Ulysess masih ada air terjun yang lebih tinggi, namanya Superman Big Sister. Tingginya mencapai 32 meter. Woow..tinggi juga ya. Namun, sulit untuk mencapai air terjun ini. Medan yang vertikal mengharuskan kita menggunakan tali pengaman dan tambahan alat bantu lain.

Goa Barat

Mencapai air terjun Jump Ulysess sudah cukup memuaskan rasa penasaran anda. Anda akan dibuat takjub dengan keindahan ciptaan Tuhan Maha Kuasa. Sungguh sebuah pengalaman langka yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Yuk berkunjung ke Goa Barat dan temukan keajaiban di dalamnya.

Tips bagi anda yang ingin berkunjung ke Goa Barat :

1. Siapkan fisik dan bekal makanan dan minuman yang memadai karena perjalanan yang panjang

2. Pakailah perlengkapan standar caving demi keamanan anda

3. Patuhi etika caving :

“Jangan tinggalkan apapun selain jejak”
“Jangan ambil apapun selain gambar”
“Jangan bunuh apapun selain waktu”

4. Sebaiknya pilih waktu pagi hari ketika akan masuk goa karena lamanya perjalanan

5. Pilihlah pemandu yang profesional yang paham dengan seluk -beluk goa dan etika caving

5. Indahnya cakrawala dari puncak bukit Hud

Panorama Bukit Hud

Bukit Hud saat ini menjadi salah satu lokasi favorit wisata di Kebumen. Meski belum lama dibuka, bukit Hud mampu menyedot perhatian para pengunjung. Di akhir pekan, bukit Hud akan ramai dikunjungi para pelancong. Bahkan banyak juga yang berkemah di sini.
Bukit Hud berada di Desa Karang Bolong Kecamatan Buayan. Lokasinya dekat dengan Pantai Karang Bolong. Untuk sampai di puncak Bukit Hud, anda bisa berjalan kaki sekitar 45 menit dari area parkir. Jika mau cepat, anda juga bisa menyewa jasa ojek yang sudah siap sedia.
Sesampai di Puncak bukit Hud, pemandangan dari atas bukit akan membuat mata anda terpukau. Di bawah sana terbentang panorama pantai yang membujur dari timur ke barat. Nampak pantai Karang Bolong dan Pantai Suwuk di bawah sana. Terlihat pula muara Bengawan Telomoyo yang memisahkan Pantai Karang Bolong dan Pantai Suwuk. Nun jauh di timur, mata anda akan sampai di batas cakrawala. Jika pagi tiba, matahari akan nampak jelas menampakkan dirinya. Pelan menaiki batas ufuk timur. Panorama terbit matahari inilah yang membuat bukit Hud ramai dikunjungi .Menengok ke barat, akan terlihat dikejauhan pebukitan karst Gombong Selatan. Puncak –puncak bukit kecil menghiasi pebukitan tersebut.

Bukit Hud Sisi Barat (Foto : Arman Ziluman Orong-orong)

Beberapa spot lain juga bisa dijumpai di kawasan bukit Hud. Ada tebing samudera, spot kupu-kupu dan kapal. Pokoknya dijamin betah kalau anda berada di sini. Di sekitar lokasi juga sudah banyak warung yang siap menyediakan makanan dan minuman yang siap mengobati rasa lapar dan haus anda. Jangan khawatir, harganya dijamin murah dan tidak akan menguras isi kantong anda.

Komentar

Tulis komentar disini !

Tinggalkan Balasan