Di Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Banyumas, terdapat sebuah air terjun yang cukup indah. Curug Klapa namanya. Curug ini bukanlah tempat wisata, namun penduduk lokal pasti banyak yang tau keberadaannya.
Siang itu, berbekal informasi yang minim, saya mencoba untuk mencari keberadaan curug klapa. Sampai di desa Banjarpenepen, saya melihat sebuah papan penunjuk kecil bertuliskan curug Klapa. Saya pun mengikuti arah penunjuk seperti yang tertera di papan. Masuk sekitar 500 meter dari jalan aspal, saya pun bertanya pada penduduk lokal di mana keberadaan curug klapa. Berbekal petunjuk warga, saya memarkirkan motor saya di depan sebuah rumah. Saya pun meminta izin pada pemilik rumah untuk menitipkan motor saya sambil menyampaikan maksud saya hendak menuju curug klapa.
Perjalanan pun dimulai, seorang diri saya berjalan melewati jalan setapak membelah perkebunan. Jalan yang licin dan menurun membuat saya harus berhati- hati. Apalagi gerimis turun saat itu. Di tengah perjalanan, saya berpapasan dengan seorang ibu tua yang baru pulang dari hutan. Ibu tua itu pun menyapa saya dan menanyakan hendak ke mana saya. Saya pun berkata jika hendak ke curug klapa. Sang ibu menyampaikan jika curug Klapa sudah tidak jauh lagi.
Benar perkataan sang ibu, selang beberapa saat berjalan, saya sudah melihat di kejauhan sebuah curug yang cukup besar. Itulah curug Klapa yang saya cari. Aliran air nya yang besar jatuh dari atas bukit membentuk sebuah kolam yang cukup luas. Meski tidak terlalu tinggi,namun besarnya debit air curug Klapa sungguh sangat bagus untuk diabadikan. Di kanan kirinya tampak pohon pinus dan bambu semakin menambah indah panorama curug Klapa. Dalam suasana gerimis, saya yang sendirin hanya bisa mengambil foto Curug Klapa yang mempesona. Tak ada orang lain sama sekali di tempat itu. Hanya saya seorang diri. Sebenarnya, saya sangat ingin lebih lama berada di curug ini. Namun karena cuaca yang kurang mendukung, setelah puas mengambil foto, saya pun perlahan berjalan kembali ke tempat awal saya menitipkan motor saya.
Curug klapa sebenarnya lokasinya tak terlalu jauh dari pemukiman, hanya sekitar 500 meter jauhnya. Jalannya pun tidak begitu sulit meski berupa jalan setapak. Hanya karena bukan tempat wisata, sehingga belum banyak orang yang tau keberadaannya. Ayo, kapan-kapan main ke curug Klapa, dan kita bermain air sepuasnya di sana

BACA JUGA:  5 Tempat Ini Wajib Kamu Kunjungi Ketika di Semarang

Komentar

Tulis komentar disini !

Tinggalkan Balasan