Curug Cidadap

Sejenak menyisihkan waktu untuk kembali mengunjungi alam. Lepas dari hiruk pikuk dunia dan pernak perniknya.

Cukup yang dekat saja, saya memilih berkunjung ke kawasan Desa Sunyalangu, masih satu kecamatan dengan tempat tinggal saya. Sebenarnya ada beberapa pilihan spot yang bisa saya kunjungi, namun pilihan pertama akhirnya jatuh pada sebuah Curug yang sekira setahun yang lalu saya sambangi.

Hampir tiga tahun lalu saya pertama kali datang ke Curug ini, berbekal penuturan dari warga setempat, akhirnya bisa juga saya sampai di Curug ini. Letaknya sebenarnya tidak terlalu jauh, bahkan berdekatan dengan Curug Gomblang yang sudah lebih dulu terkenal. Hanya memang perjalanan ke Curug ini selain melewati perkebunan juga harus melewati jalan setapak di tepian tebing. Harus ekstra hati, jika terpeleset bisa saja kita nyelonong masuk ke jurang. Ada pilihan jalan lain yaitu menyusuri sungai. Meski lebih lama, tapi lebih aman dilalui.

Ini kali ke 4 saya main ke Curug ini. Jalan lepas pemukiman yang dulu tanah, sekarang sudah dicor dan sangat mudah dilalui. Namun hanya sampai bangunan bekas loket tiket masuk yang terlihat kosong. Selebihnya masih berupa jalan tanah menembus pekarangan. Rupanya pernah ada upaya untuk membuka kawasan ini menjadi tempat wisata. Ditandai dengan di buatnya jalan yang cukup memadai, bangunan loket sampai deck Selfi.

Setahun lalu sewaktu saya ke sana memang tampak sedang proses pembukaan lokasi ini untuk tempat wisata. Kemaren ketika saya kembali lagi, suasana tampak sepi. Hanya nampak beberapa orang bapak dan ibu sedang bekerja di pekarangan.

Suasana di sini adem, panoramanya juga lumayan bagus. Curugnya sendiri bersih dan segar airnya. Yang hobby renang bisa juga menyalurkan hobby nya disini. Yang penting tahan dengan dingin nya air pegunungan.

BACA JUGA:  Menguji Nyali di Gua Surupan Kebumen, Siapa Berani?

Saya sejenak berpikir, bisa jadi sudah ada upaya dari warga setempat untuk membuka kawasan ini menjadi salah satu objek tujuan wisata. Tetapi, nampaknya upaya tersebut belum membuahkan hasil yang maksimal. Tempat ini tetap sepi. Orang -orang lebih memilih berkunjung ke spot wisata yang lebih mudah dijangkau dan medan yang mudah.

Biarlah tempat ini seperti dulu, sepi namun asri.

Lokasi : Curug Cidadap
Grumbul Semaya Desa Sunyalangu Karang Lewas

Komentar

Tulis komentar disini !

Tinggalkan Balasan