Banyumas sebagai sebuah kabupaten yang berada di sisi selatan lereng Gunung Slamet ternyata menyimpan potensi wisata alam yang mempesona. Di sisi selatan lereng Gunung Slamet terdapat banyak sekali air terjun yang terkenal jernih airnya dan debit air yang stabil sepanjang tahun.
Jika anda berkunjung ke kota Purwokerto sebagai ibukota Banyumas, ada baiknya anda juga berkunjung ke salah satu air terjun yang kami pilihkan berikut ini.

1. Curug Bayan

Curug Bayan, Ketengger Baturraden

Curug Bayan berlokasi di Desa Ketenger Kecamatan Baturraden. Curug Bayan sangat mudah dijangkau karena dekat dengan jalan. Meskipun tidak terlalu tinggi karena tingginya hanya lima meteran, namun panorama di curug Bayan akan membuat siapapun betah berlama –lama di sini. Gemuruh air terjun dari ketinggian lima meter akan disambut oleh kolam air jernih yang cukup luas. Buat anda yang hobi renang, anda bisa menyalurkan hobi anda di sini. Namun anda harus tetap berhati-hati karena kolam curug Bayan cukup dalam.

Curug Bayan juga relative aman untuk anak-anak karena ada beberapa kolam yang berair dangkal di bagian selatan curug ini. Yah, curug Bayan memang lebih mirip kolam renang alami yang cocok untuk anda melepas lelah dengan berenang. Sejumlah fasilitas juga sudah tersedia di sini, di antaranya villa, area parker kendaraan, warung makan, gazebo, selfi deck, toilet dan ban untuk berenang. Puas bermain air anda bisa menikmati mendoan khas Banyumas sembari menyeruput kopi panas yang bisa anda pesan di warung kompleks Curug Bayan.

Bagaimana tertarik berkunjung ke curug Bayan?

2. Curug Jenggala

Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden

Curug Jenggala berada tidak jauh dari curug Bayan. Bahkan masih satu aliran sungai dengan curug Bayan yaitu sungai Banjaran. Curug Jenggala berada di kawasan wisata Kalipagu Desa Ketenger Baturraden. Untuk menjangkau curug ini anda bisa menggunakan jasa ojek dari area parker kendaraan atau berjalan kaki sejauh 1 km sembari menikmati panorama Kalipagu nan mempesona.
Curug Jenggala menyuguhkan panorama air terjun yang mengucur deras dari ketinggian 10 meter. Ada beberapa aliran terjun yang membentuk hiasan yang sangat mempesona. Bagi anda yang hobi swa foto, Curug Jenggala bisa jadi pilihan utama. Percayalah, hasil foto anda di sini akan terlihat sangat indah.
Setelah di buka untuk wisata,curug Jenggala menjadi favorit pelancong menghabiskan liburan. Kesejukan lereng gunung Slamet menjadi magnet tersendiri bagi siapapun yang berkunjung ke sini. Sejumlah fasilitas juga sudah lengkap disediakan di antaranya mushola, toilet, gazebo, selfideck, taman serta warung makan. Bisa dikatakan curug Jenggala merupakan salah satu destinasi wisata di Banyumas yang cukup baik dalam hal pengelolaan.

BACA JUGA:  Ini Dia 3 Tempat paling seru buat Liburan Akhir Pekan

3. Curug Gomblang

Curug Gomblang, Windujaya Kedungbanteng

Aliran air terjun setinggi 30 meter akan menyambut kedatangan anda begitu sampai di Curug Gomblang. Dua air terjun besar meluncur deras dari atas ketinggian. Curug Gomblang merupakan salah satu objek wisata yang sudah cukup lama dikenal. Berada di Desa Windujaya Kecamatan Kedung Banteng, curug Gomblang menyajikan panorama air terjun yang dipadu dengan perbukitan nan hijau. Di kawasan ini,anda juga bisa berkemah karena tersedia area camping yang cukup luas. Deretan pohon pinus makin menambah kesejukan Curug Gomblang.
Setelah membayar tiket masuk di loket, anda bisa melanjutkan perjalanan ke are parker Curug Gomblang. Dari sini, curug Gomblang sudah bisa anda lihat di bawah sana. Berfoto di sini dengan latar belakang curug Gomblang bisa menjadi momen yang sangat indah.

4. Curug Telu

Curug Telu, Karangsalam Baturraden

Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden terkenal punya banyak air terjun yang memikat. Salah satu yang menjadi pilihan favorit pengunjung adalah curug Telu. Dinamakan curug Telu karena memang air terjun di sini ada tiga buah yang bertemu menjadi satu di aliran Sungai Pelus. Untuk sampai di curug Telu anda harus menuruni anak tangga. Berjalan kaki menuruni anak tangga sekitar lima menit, anda akan sampai di curug Telu. Aliran air yang deras meluncur deras, disambut kolam yang airnya sangat jernih. Batu – batu besar di sekelilingnya juga akan menambah cantik Curug Telu.
Di sekitar curug Telu juga terdapat beberapa curug lain yang juga tak kalah indah. Di sebelah utara curug Telu terdapat Curug Moprok setinggi 60 meter yang tidak usah ditanya keindahannya. Curug ini juga dikenal dengan nama curug pelangi karena di musim hujan sering Nampak pelangi di sini. Kolam yang luas akan menyambut anda begitu sampai di curug Moprok. Air nya sangat jernih bahkan bisa dikatakan sebening kaca. Anda bisa berenang sambil menyelam ke dasar kolam dan mengabadikan panorama bawah air yang mempesona.

BACA JUGA:  Jogja: Destinasi yang Belum Banyak Di Kenal Wisatawan Asing

Masih dekat dengan curug telu, terdapat pula Curug Lawang. Curug ini berada di sebuah gua kecil yang sekilas mirip dengan sebuah pintu gerbang. Itulah kenapa curug ini dinamakan curug Lawang. Warga setempat juga menyebut curug Lawang dengan nama Sendang Bidadari. Mungkin saja karena bidadari pernah turun di curug ini untuk mandi.

Tak jauh dari Curug Lawang, terdapat sebuah kolam yang airnya sangat jernih. Kedung Pete namanya. Inilah tempat favorit penulis untuk berenang. Di sini, anda bisa sepuasnya berenang seraya menikmati segarnya air pegunungan. Segarnya air akan menghilangkan kepenatan anda. Sejumlah ban juga sudah disediakan bagi anda yang belum mahir berenang.

Itulah beberapa curug di kawasan Curug Telu yang bisa anda nikmati. Cukup lengkap dan murah, anda cukup merogoh uang lima ribu rupiah saja untuk bisa menikmati panorama Curug Telu yang menawan.

5. Curug Cipendok

Curug Cipendok, curug tertinggi di Banyumas

Curug Cipendok adalah curug yang sudah sangat lama dikenal di seantero Banyumas. Curug ini memiliki ketinggian 92 meter dan merupakan curug tertinggi di Banyumas. Di Indonesia, curug Cipendok menempati posisi ke 13 dalam hal ketinggian. Curug Cipendok berada di Desa Karang Tengah kecamatan Cilongok. Akses jalan menuju curug ini juga sangat mudah karena sudah beraspal. Dari area parker, anda bisa berjalan kaki menuju ke curug Cipendok. Butuh waktu sekitar 10 menit melewati anak tangga,maka anda akan berada di bawah curug Cipendok yang gagah menjulang. Karena besarnya debit air, pengunjung tidak disarankan untuk mandi atau berenang di sini. Cukuplah anda berswafoto dengan latar belakang Curug Cipendok. Di sekitar curug Cipendok juga banyak terdapat penginapan yang bisa anda pesan agar anda puas menikmati panorama Curug Cipendok.

BACA JUGA:  Senja di Pantai Parangtritis

Nah, bagaimana sob, tertarik untuk berkunjung ke Purwokerto? Yuk singgahlah ke curug –curug yang sudah penulis sebutkan di atas. Sebenarnya masih banyak curug lain yang sangat indah yang sayang untuk dilewatkan. Namun, cukuplah lima curug andalan di Banyumas yang penulis sampaikan di awal. Di edisi selanjutnya akan penulis ceritakan perjalanan menelusuri curug –curug di Banyumas yang masih perawan karena tersembunyi di tengah hutan dan jarang dijamah manusia.

Komentar

Tulis komentar disini !

Tinggalkan Balasan